Manusia Sombong Akan Direndahkan

Bacaan hari ini: Yesaya 2 | Bacaan setahun: Ulangan 21-22, Yohanes 11

“Manusia yang sombong akan direndahkan dan orang yang angkuh akan ditundukkan; dan hanya Tuhan sajalah yang maha tinggi pada hari itu.” (Yesaya 2:11)

 

Kekuasaan, harta dan kepemilikan dapat membuat orang merasa mampu dan tinggi hati. Bahkan tidak sedikit orang-orang semacam ini kita jumpai dalam gereja Tuhan. Ada banyak orang yang gemar membualkan dan memamerkan harta benda dan prestasi pencapaiannya. Tuhan tidak menyenangi orang-orang yang tinggi hati.

Ia berkata kepada keturunan Yakub yang meninggikan diri, bahwa Ia akan menundukkan mereka yang tinggi hati itu. Mereka hidup seperti orang Filistin dan menyembah berhala (ayat 8). Mereka juga menyombongkan emas perak, harta benda dan kekuatan militer yang mereka miliki demikian, “negerinya penuh emas dan perak dan tak terbatas harta bendanya; negerinya penuh kuda dan tak terbatas jumlah keretanya” (ayat 7). Tuhan berkata mengingatkan, “Manusia yang sombong akan direndahkan dan orang yang angkuh akan ditundukkan; dan hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari itu” (ayat 11). Segala kepemilikan mereka membuat mereka lupa kepada Tuhan. Pada waktu-Nya, Tuhan semesta alam akan menghukum dan merendahkan mereka agar mereka bertobat dan kembali mengingat Tuhan di dalam hidup mereka.

Orang-orang Kristen harus senantiasa mawas diri akan harta benda, prestasi dan kepemilikan. Tanpa disadari, hal-hal ini dapat membuat kita lupa bersandar kepada Tuhan dan menyandarkan diri kepada hal-hal tersebut. Kebanggaan orang Kristen bukanlah pada harta benda dan prestasi seperti orang dunia, tetapi kebanggaan orang Kristen adalah bila kita bisa hidup rendah hati dan melayani serupa Kristus. Dengan menjadi seperti Kristus, kesaksian Kristen boleh disebarkan dan kehidupan Kristen dapat menginspirasi banyak orang. Marilah menjadi orang Kristen yang meninggikan Tuhan dan merendahkan diri. Hidup setia melayani dan terus bergantung kepada Tuhan.

STUDI PRIBADI :
(1) Periksalah hati kita! Adakah kebanggaan-kebanggaan karena pencapaian yang dapat membuat engkau melupakan Tuhan ?
(2) Akuilah kerentananmu di hadapan Tuhan dan mohonlah kekuatan-Nya merubah hati kita memandang dan terarah kepada Kristus yang rendah hati dan melayani.

Pokok Doa : Berdoalah bagi para pemimpin gereja tempat kita beribadah, agar memiliki pemimpin yang rendah hati, dan hidup meneladani Kristus, yang hidup melayani dan memberikan yang terbaik.