Penyambut Jemaat

image

Pelayanan dalam ibadah bukan monopoli Pendeta dan Pengurus, Semakin banyak warga gereja yang mengambil bagian dalam pelayanan ibadah semakin baik. Ini memperlihatkan sebuah jemaat yang sehat dan demokratis, Kesatuan sebagai Tubuh Kristus semakin terlihat dan dirasakan. Di mana setiap warga gereja mempunyai tugas panggilan untuk mengambil bagian dalam pelayanan jemaat.

Ada ungkapan yang mengatakan, “ibadah yang berkualitas di mulai dari pintu masuk gereja.” Ungkapan ini mengingatkan kita akan pentingnya penyambutan yang ramah dan bersahabat terhadap anggota jemaat atau pun simpatisan yang datang beribadah.

Kesan pertama mereka yang datang beribadah di gereja kita juga sangat dipengaruhi oleh peran penyambut jemaat. Apabila mereka mendapatkan kesan yang baik maka mereka pun mendapatkan kesan yang baik tentang gereja kita. Sebaliknya, jika kita kurang memberikan perhatian yang baik kepada setiap warga gereja yang akan hadir dalam ibadah maka mereka bisa saja mendapat kesan yang tidak baik atau bahkan kecewa dengan gereja kita.

Kelihatannya tugas pelayanan penyambut jemaat sangat sederhana. Tetapi sebenarnya pelayanan ini tidak kalah pentingnya dengan tugas pelayanan yang lain dalam suatu ibadah jemaat. Sebagai penyambut jemaat Anda tidak sedang melayani manusia, melainkan melayani Allah melalui kehadiran setiap warga jemaat yang Anda sapa di pintu masuk gereja.

Bawakan dalam doa pelayanan yang akan Anda lakukan. Sebab yang Anda layani adalah Tuhan melalui setiap pribadi warga jemaat yang Anda sapa.

Bersikaplah santai, ramah, penuh kehangatan dalam menyambut jemaat, dan senyum yang baik tanpa terkesan dipaksakan atau terpaksa. Warga jemaat dapat melihat apakah Anda “orisinal” atau “kamuflase” dalam menyambut kehadiran mereka.
Tataplah wajah dan mata orang yang kita sapa atau ajak bicara. Sebuah kekeliruan besar apabila kita bersalaman tetapi wajah kita berpaling dari wajah orang itu dan mengarahkan pada sudut pandang yang lain. Hal ini akan menimbulkan perasaan tidak enak di hati bahkan sakit hati bagi mereka yang sangat peka.

Bagi Anda yang diberi talenta penyambutan dan terbeban untuk melayani dapat bergabung dalam pelayanan Penyambut Jemaat.