Keruntuhan Akibat Keduharkaan

Bacaan hari ini: Hosea 8 | Bacaan setahun: Mazmur 114-115, Wahyu 18


“Israel telah melupakan Pembuatnya dan telah mendirikan istana-istana; Yehuda telah memperbanyak kota-kota yang berkubu; tetapi Aku akan melepas api ke dalam kota-kota mereka, sehingga puri mereka dimakan habis.” (Hosea 8:14)

 

Pasal ini dibuka dengan seruan, ”Tiuplah sangkakala!” Satu peringatan bahwa perang telah dimulai. Mengapa? Karena umat Tuhan telah melanggar perjanjiannya dengan Tuhan dan durhaka terhadap-Nya. Umat Israel mengaku mengenal Dia tapi menolak yang baik, menolak untuk taat kepada-Nya. Mereka mengangkat pemimpin tanpa bertanya kepada Tuhan, mereka membuat berhala-berhala bagi dirinya sendiri sebagai pernyataan mereka menolak Tuhan, “Mereka telah mengangkat raja, tetapi tanpa persetujuan-Ku; mereka mengangkat pemuka, tetapi dengan tidak setahu-Ku. Dari emas dan perak mereka membuat berhala- berhala bagi dirinya sendiri, sehingga mereka dilenyapkan” (8:4).

Karena itu, Tuhan menyatakan perang terhadap umat-Nya, Tuhan akan menghancurkan berbagai berhala yang mereka buat, murka Tuhan akan datang seperti serangan burung rajawali, seperti serbuan puting beliung; hasil panen mereka akan gagal dan kalaupun berhasil, maka akan direbut oleh orang lain, keadaan mereka akan menjadi seperti barang yang tidak disukai. Semuanya itu terjadi karena mereka telah berpaling kepada bangsa-bangsa lain dan mengandalkan mereka. Sekalipun mereka berusaha melindungi diri dari murka Tuhan dengan mendirikan banyak mezbah dan memperbanyak kota-kota berkubu, Tuhan akan melepaskan api ke dalam kota-kota mereka sehingga mereka dimakan habis. Tidak ada seorangpun yang bisa terluput dari murka Tuhan.

Yang diinginkan Tuhan adalah hati yang mau taat penuh kepada-Nya, hati yang mau berpegang teguh pada perintah-Nya. Seringkali, kita berkata mengenal Tuhan tetapi kita bersikap dan berperilaku seperti orang yang tidak mengenal Dia. Kita melakukan aktivitas agama, tetapi hati kita jauh dari-Nya.

Marilah kita memperbaharui komitmen kita di hadapan Tuhan. Jangan menjadi orang Kristen yang hanya tahu banyak tentang Tuhan tetapi hidup seperti orang yang tidak mengenal Tuhan. Kalau Tuhan menjadi lawan kita, siapakah yang sanggup menahannya ?

STUDI PRIBADI :
(1) Apa yang menjadi penyebab keruntuhan Israel ?
(2) Mengapa mereka dikatakan telah melangkahi perjanjian Tuhan?

Pokok Doa : Berdoalah agar jemaat Tuhan bukan hanya rindu belajar tentang Tuhan tetapi rindu menghidupi Firman Tuhan, rindu melakukan apa yang Tuhan perintahkan bagi umat-Nya.