Panglima Dan Pembesar

“Adapun orang Israel, inilah daftar para kepala puak, para panglima pasukan seribu dan pasukan seratus dan para pengatur yang melayani raja dalam segala hal mengenai rombongan orang-orang yang bertugas dan libur, bulan demi bulan, sepanjang tahun.” (27:1)



Bacaan hari ini: 1 Tawarikh 27 | Bacaan setahun: 1 Tawarikh 27

Tuhan merancang kehidupan manusia bukan hanya dari aspek rohani saja, tetapi juga aspek fisik, emosional, serta sosial. Hal-hal tersebut perlu diperhatikan bagi kesejahteraan hidup seseorang. Ia tidak bisa hanya menekankan satu hal dan mengabaikan ketiga hal yang lain, karena akan berakibat munculnya ketidaknyamanan dan kekurangan tertentu.

Keempat hal tersebut sedang diupayakan oleh Daud secara seimbang bagi kesejahteraan umat Israel. Firman Tuhan menunjukkan bahwa Daud bukan hanya memperhatikan hal rohani mengenai ibadah di dalam rumah Tuhan, namun juga memperhatikan segala keamanan dan kesejahteraan masyarakat. Jaminan keamanan dan kesejahteraan berpengaruh kepada terpenuhinya kebutuhan fisik, emosional dan sosial. Dalam upaya menjaga keamanan negara, Daud memilih 12 pemimpin rombongan atau panglima yang bertugas bergantian setiap bulan, selama 12 bulan. Dalam bidang kesejahteraan seluruh penduduk, Daud memilih para pengawas kebun dan ternak, sehingga dapat diketahui persediaan makanan agar mencukupi kebutuhan rakyat. Daud memilih para kepala suku untuk bekerjasama dan mendelegasikan tugas dalam memimpin rakyat. Hal ini tentu akan sangat memudahkan Daud dalam melakukan komunikasi dan koordinasi dengan setiap suku dengan lebih efektif.

Ada tanggung jawab dalam mengelola tiap sumber daya yang Tuhan percayakan. Daud menerima pemberian Tuhan dan ia bersyukur dengan pemberian Tuhan itu dengan menunjukkan rasa tanggung jawab melalui upayanya bekerjasama dengan orang-orang lainnya untuk mengelola dan mengatur semua sumber daya untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya. Demikian juga dengan setiap kita, orang percaya yang telah menerima keselamatan dan berkat-berkat dari Tuhan. Rasa syukur kita kepada Tuhan seharusnya kita ungkapkan melalui tanggung jawab serta kesediaan untuk melayani bersama orang-orang yang Tuhan tempatkan ada di sekitar kita dalam mengelola dan mengatur sumber daya untuk menjadi berkat bagi diri dan orang-orang di sekitar kita.

STUDI PRIBADI: Apa saja berkat Allah dalam hidup ini? Bagaimana Anda mengelola setiap berkat tersebut sehingga tetap terjaga bahkan bisa menjadi berkat bagi banyak orang?

Pokok Doa: Berdoa bagi para pelayan di gereja agar diberikan kerendahan hati untuk bekerjasama dan saling melayani sehingga menjadi berkat. 

Sharing Is Caring :