Tuhan Yang Membalas

“Sebab hari pembalasan telah Kurencanakan dan tahun penuntutan bela telah datang.” (Yesaya 63:4)



Bacaan hari ini: Yesaya 63:1-6 | Bacaan tahunan: Yesaya 63-64

Ada peristiwa-peristiwa yang bisa membuat kita bertanya, mengapa umat Tuhan ditindas, diperlakukan tidak baik oleh kelompok tertentu namun sepertinya tidak ada keadilan? Apakah Tuhan membiarkan si penindas merajalela dan umat Tuhan terus terindas? Salah satu sifat Tuhan adalah adil, oleh sebab itu Tuhan pasti menjalankan keadilan-Nya.

Setelah Tuhan mengabarkan keselamatan kepada bangsa Israel (ps. 62), kini Tuhan menubuatkan pembalasan terhadap bangsa Edom. Bangsa Edom adalah keturunan Esau, saudara Yakub, jadi masih berhubungan darah dengan bangsa Israel. Namun Edom membalaskan dendam kesumat terhadap Israel. Edom juga tidak peduli ketika Israel diambang kehancuran karena serangan bangsa Babel, bahkan Edom memanfaatkan kehancuran Israel dengan merampok kekayaan Israel dan membunuh orang Israel yang sudah tidak berdaya (Yeh. 25:12-14, Obaja 1:10-14). Oleh sebab itulah Tuhan murka dan akan menyatakan keadilan serta menghukum Edom dengan dahsyatnya. Tuhan datang bagaikan pengirik yang memeras buah anggur. Itulah gambaran bagaimana Tuhan akan menumpas bangsa Edom, seluruh negeri akan diresapi oleh darah, api tidak akan padam. Edom akan menjadi reruntuhan turun-temurun, tidak ada orang yang melintasinya untuk seterusnya (Yes.34:5-17).

Kita mungkin pernah mengalami penindasan, diperlakukan tidak adil. Pasti perasaan kita campur aduk: sedih, kecewa, marah. Bagaimana sikap kita? Apakah dengan menggebu-gebu kita melakukan pembalasan untuk melampiaskan sakit hati kita? Bahkan karena begitu marahnya mungkin pembalasan yang kita lakukan lebih kejam daripada apa yang kita terima. Namun kita diingatkan oleh rasul Paulus: janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, karena pembalasan itu adalah hak Tuhan (Roma 12:19). Kita percaya bahwa Tuhan adalah Tuhan yang adil, yang akan membalaskan segala kejahatan. Bagian kita adalah memohon kekuatan dari Tuhan, tetap menyatakan kebenaran dan menyerahkan sepenuhnya keadilan ke dalam tangan Tuhan. Tuhan yang akan bertindak dengan cara dan waktu Tuhan.

STUDI PRIBADI: Mengapa seringkali kita ingin melakukan pembalasan? Apa yang akan terjadi jika pembalasan itu menjadi hak kita?

Pokok Doa: Berdoalah supaya setiap anak Tuhan diberikan kekuatan ketika menghadapi ketidak-adilan dan mau menyerahkan sepenuhnya keadilan itu ke dalam tangan kuat kuasa Tuhan. 

×

Yesaya 62

Keselamatan Sion akan datang dengan segera

1 Oleh karena Sion aku tidak dapat berdiam diri, dan oleh karena Yerusalem aku tidak akan tinggal tenang, sampai kebenarannya bersinar seperti cahaya dan keselamatannya menyala seperti suluh.

2 Maka bangsa-bangsa akan melihat kebenaranmu, dan semua raja akan melihat kemuliaanmu, dan orang akan menyebut engkau dengan nama baru yang akan ditentukan oleh TUHAN sendiri.

3 Engkau akan menjadi mahkota keagungan di tangan TUHAN dan serban kerajaan di tangan Allahmu.

4 Engkau tidak akan disebut lagi "yang ditinggalkan suami", dan negerimu tidak akan disebut lagi "yang sunyi", tetapi engkau akan dinamai "yang berkenan kepada-Ku" dan negerimu "yang bersuami", sebab TUHAN telah berkenan kepadamu, dan negerimu akan bersuami.

5 Sebab seperti seorang muda belia menjadi suami seorang anak dara, demikianlah Dia yang membangun engkau akan menjadi suamimu, dan seperti girang hatinya seorang mempelai melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang hati atasmu.

6 Di atas tembok-tembokmu, hai Yerusalem, telah Kutempatkan pengintai-pengintai. Sepanjang hari dan sepanjang malam, mereka tidak akan pernah berdiam diri. Hai kamu yang harus mengingatkan TUHAN kepada Sion, janganlah kamu tinggal tenang

7 dan janganlah biarkan Dia tinggal tenang, sampai Ia menegakkan Yerusalem dan sampai Ia membuatnya menjadi kemasyhuran di bumi.

8 TUHAN telah bersumpah demi tangan kanan-Nya, demi tangan kekuatan-Nya: "Sesungguhnya, Aku tidak akan memberi gandummu lagi sebagai makanan kepada musuhmu, dan sesungguhnya, orang-orang asing tidak akan meminum air anggurmu yang telah kauhasilkan dengan bersusah-susah;

9 tetapi orang yang menuainya akan memakannya juga dan akan memuji-muji TUHAN, dan orang yang mengumpulkannya akan meminumnya juga di pelataran-pelataran tempat kudus-Ku."

10 Berjalanlah, berjalanlah melalui pintu-pintu gerbang, persiapkanlah jalan bagi umat, bukalah, bukalah jalan raya, singkirkanlah batu-batu, tegakkanlah panji-panji untuk bangsa-bangsa!

11 Sebab inilah yang telah diperdengarkan TUHAN sampai ke ujung bumi! Katakanlah kepada puteri Sion: Sesungguhnya, keselamatanmu datang; sesungguhnya, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.

12 Orang akan menyebutkan mereka "bangsa kudus", "orang-orang tebusan TUHAN", dan engkau akan disebutkan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan".

×

Yehezkiel 25 : 12-14

Nubuatan melawan orang Edom

12 Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Oleh karena Edom membalaskan dendam kesumat terhadap kaum Yehuda dan membuat kesalahan besar dengan melakukan pembalasan terhadap mereka,

13 oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH, Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan Edom dan melenyapkan dari padanya manusia dan binatang dan Aku membuatnya menjadi reruntuhan; dari Teman sampai Dedan mereka akan mati rebah oleh pedang.

14 Aku akan melakukan pembalasan-Ku terhadap Edom dengan tangan umat-Ku Israel. Dan mereka akan memperlakukan Edom selaras dengan murka-Ku dan amarah-Ku, dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah yang membalas, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

×

Obaja 1 : 10-14

10 Karena kekerasan terhadap saudaramu Yakub, maka cela akan meliputi engkau, dan engkau akan dilenyapkan untuk selama-lamanya.

11 Pada waktu engkau berdiri di kejauhan, sedang orang-orang luar mengangkut kekayaan Yerusalem dan orang-orang asing memasuki pintu gerbangnya dan membuang undi atasnya, engkaupun seperti salah seorang dari mereka itu.

12 Janganlah memandang rendah saudaramu, pada hari kemalangannya, dan janganlah bersukacita atas keturunan Yehuda pada hari kebinasaannya; dan janganlah membual pada hari kesusahannya.

13 Janganlah masuk ke pintu gerbang umat-Ku pada hari sialnya, bahkan janganlah memandang ringan malapetaka yang menimpanya pada hari sialnya; dan janganlah merenggut kekayaannya pada hari sialnya.

14 Janganlah berdiri di persimpangan untuk melenyapkan orang-orangnya yang luput, dan janganlah serahkan orang-orangnya yang terlepas pada hari kesusahan.

×

Yesaya 34 : 5-17

5 Sebab pedang-Ku yang di langit sudah mengamuk, lihat, ia turun menghakimi Edom, bangsa yang Kukhususkan untuk ditumpas.

6 TUHAN mempunyai sebilah pedang yang berlumuran darah dan yang penuh lemak, yaitu darah anak-anak domba dan kambing-kambing jantan dan lemak buah pinggang domba-domba jantan. Sebab TUHAN mengadakan penyembelihan korban di Bozra dan pembantaian besar di tanah Edom.

7 Banteng-banteng akan rebah mati bersama-sama domba dan kambing itu, dan lembu-lembu jantan yang muda bersama-sama lembu-lembu jantan yang gagah, seluruh negerinya diresapi oleh darah, dan tanah mereka penuh dengan lemak.

8 Sebab TUHAN mendatangkan hari pembalasan dan tahun pengganjaran karena perkara Sion.

9 Sungai-sungai Edom akan berubah menjadi ter, dan tanahnya menjadi belerang; negerinya akan menjadi ter yang menyala-nyala.

10 Siang dan malam negeri itu tidak akan padam-padam, asapnya naik untuk selama-lamanya. Negeri itu akan menjadi reruntuhan turun-temurun, tidak ada orang yang melintasinya untuk seterusnya.

11 Burung undan dan landak akan mendudukinya, burung hantu dan burung gagak akan tinggal di dalamnya. TUHAN menjadikannya campur baur dan kosong tepat menurut rencana-Nya.

12 Jin-jin akan diam di dalamnya, dan para pemukanya akan tidak ada lagi; tidak ada lagi di sana yang dimaklumkan sebagai raja, dan semua pemimpinnya sudah lenyap.

13 Duri-duri akan tumbuh di puri-purinya, rumput dan puteri malu di tempat-tempatnya yang berkubu, sehingga menjadi tempat kediaman serigala, dan lapangan bagi burung unta.

14 Di sana berpapasan binatang gurun dengan anjing hutan, dan jin bertemu dengan temannya; hantu malam saja ada di sana dan mendapat tempat perhentian.

15 Di sana ular pohon bersarang dan bertelur, mengeram sampai telurnya menetas; burung-burung dendang saja berkumpul di sana, masing-masing dengan pasangannya.

16 Carilah di dalam kitab TUHAN dan bacalah: Satupun dari semua makhluk itu tidak ada yang ketinggalan dan yang satu tidak kehilangan yang lain; sebab begitulah perintah yang keluar dari mulut TUHAN, dan Roh TUHAN sendiri telah mengumpulkan mereka.

17 Ia sendiri telah membuang undi dan membagi-bagi negeri itu di antara mereka dengan tali pengukur; mereka akan mendudukinya sampai selama-lamanya dan akan tinggal di situ turun-temurun.

×

Roma 12 : 19

19 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.

Sharing Is Caring :