Sifat Kebenaran Iman

“Sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.” (2 Petrus 1:21)



Pembahasan: 2 Petrus 1:21 | Ayat Bacaan: 2 Petrus 1:12-21

Setiap dari kita pasti menginginkan berita terbaru atau update dari suatu kejadian atau suatu hari. Namun tidak jarang kita menemukan banyak sekali hoax tersebar. Hoax adalah sebuah berita yang tidak benar atau tidak sesuai dengan fakta. Hoax menjadi sangat gampang tersebar juga karena pengaruh internet. Maka dari itu, kita selalu dihimbau untuk jangan mudah percaya kepada satu berita, kita perlu mencari tahu apakah beritanya benar atau hoax. Kehadiran hoax sangat mengganggu, ketidakbenaran yang diciptakan oleh beberapa oknum dapat membawa banyak perselisihan dan kebencian di tengah-tengah masyarakat. Namun firman Tuhan bukan hoax. Firman Tuhan adalah kebenaran yang asalnya dari Allah. Para nabi yang dipilih Allah untuk menuliskan firman-Nya tidak menulis dengan sembarangan. Mereka memberitakan nubuat oleh dorongan Roh Kudus dan berbicara atas nama Allah. Dalam bimbingan Roh Allah, nabi Perjanjian Lama telah menubuatkan peristiwa kehidupan Yesus.

Ketika membaca dan merenungkan Alkitab, kita bisa yakin bahwa kita sedang mendengarkan suara Allah, bukan sekadar pendapat manusia. Roh Kudus berperan aktif dalam memberikan wahyu kepada para nabi dan para penulis Alkitab. Orang-orang yang dipilih untuk menerima wahyu dari Allah adalah mereka yang taat dan rendah hati. Nubuat dan firman yang diberikan oleh Allah melalui Roh Kudus adalah kebenaran yang abadi. Dalam dunia yang penuh dengan perubahan dan ketidakpastian, firman Tuhan tetap teguh dan bisa diandalkan. Hal ini mengingatkan kepada kita bahwa kembali kepada firman adalah satu-satunya cara untuk mengatasi dan menghadapi penyesatan.

Dengan tekun mempelajari dan memperhatikan firman Allah, kita tak gampang termakan oleh hoax yang menyesatkan. Firman Allah tertulis yaitu Alkitab bukan hanya karangan dari zaman dahulu, melainkan kisah para saksi mata tentang kebesaran Tuhan Yesus Kristus. Marilah kita bersyukur atas firman Tuhan yang diberikan kepada kita dan memohon agar Roh Kudus terus membimbing kita dalam memahami dan menerapkan firman itu dalam kehidupan kita.

STUDI PRIBADI: Apakah kita sudah menghargai Alkitab yang adalah kebenaran Allah selama hidup ini? Apa pandangan Anda secara pribadi akan Firman Allah?

Pokok Doa: Berdoa mohon pimpinan Roh Kudus untuk menuntun kita dalam membaca dan mempelajari Firman Tuhan. Berdoalah agar kita dimampukan untuk dapat melakukan kebenaran sesuai dengan Firman Tuhan.

×

Ulangan 7 : 6-8

6 Sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu; engkaulah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-Nya.

7 Bukan karena lebih banyak jumlahmu dari bangsa manapun juga, maka hati TUHAN terpikat olehmu dan memilih kamu--bukankah kamu ini yang paling kecil dari segala bangsa? --

8 tetapi karena TUHAN mengasihi kamu dan memegang sumpah-Nya yang telah diikrarkan-Nya kepada nenek moyangmu, maka TUHAN telah membawa kamu keluar dengan tangan yang kuat dan menebus engkau dari rumah perbudakan, dari tangan Firaun, raja Mesir.

×

Yakobus 5 : 7-11

Bersabar dalam penderitaan

7 Karena itu, Saudara-saudara, bersabarlah sampai kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi.

8 Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!

9 Saudara-saudara, janganlah kamu bersungut-sungut dan saling mempersalahkan, supaya kamu jangan dihukum. Sesungguhnya Hakim telah berdiri di ambang pintu.

10 Saudara-saudara, turutilah teladan penderitaan dan kesabaran para nabi yang telah berbicara demi nama Tuhan.

11 Sesungguhnya kita menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya, karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan.

×

Ibrani 10 : 12

12 Tetapi, setelah mempersembahkan hanya satu kurban saja karena dosa, Kristus duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah,

×

Ibrani 10 : 17

17 dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan pelanggaran mereka."

×

Titus 1 : 8b-9

8b suka akan yang baik, bijaksana, adil, saleh, dapat menguasai diri

9 dan berpegang kepada perkataan yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya ia sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran itu dan sanggup meyakinkan penentang-penentangnya.

Sharing Is Caring :