Pertolongan-Mu Begitu Ajaib

Bacaan hari ini: Mazmur 138, Bacaan setahun: Kejadian 49-50, Matius 20

“Pada hari aku berseru, Engkau pun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan pada jiwaku.” (Mazmur 138:3)

 

Seseorang yang sedang berada dalam pergumulan berat sering kali tidak membutuhkan nasihat, tetapi pertolongan yang nyata di dalam pergumulannya tersebut. Namun demikian pertolongan manusia tidak pernah ia dapatkan. Inilah yang pernah dialami oleh Daud. Ketika ia ada dalam pergumulan, tidak ada seorang pun yang dapat menolongnya. Teman yang dapat memberikan nasihat, mungkin banyak jumlahnya, tetapi yang dapat menolong langsung, tidak ada. Oleh karena itu, ia tidak datang kepada manusia, ia datang kepada Tuhan. Di situlah Daud mendapatkan pertolongan yang sesungguhnya, bukan sekadar nasihat.

Pengalaman inilah yang kemudian dinyanyikan oleh Daud sehingga menjadi mazmur yang kita baca. Bagian pertama (ay. 1-3) mengungkapkan ucapan syukur Daud dan motivasi hidupnya, yaitu bagaimana Tuhan mendengarkan doanya pada waktu kesesakan dan memberikan kekuatan baru (ay. 3). Bagian kedua (ay. 4-6) mengungkapkan harapan Daud, yaitu Tuhan dimuliakan dan keadilan ditegakkan. Pengalaman ini menunjukkan bahwa ketika ia dizalimi, Tuhan bertindak pada waktu-Nya memberikan keadilan. Bagian ketiga (ay. 7-8) adalah pernyataan kepercayaan Daud dan permohonannya. Daud yakin bahwa Tuhan pasti akan menolongnya apabila ia menghadapi kesulitan-kesulitan baru dari musuhnya (ay. 7) dan menyelesaikan segala sesuatu baginya (ay. 8a).

Melalui pengalaman Daud ini kita pada masa kini dapat belajar untuk dapat menatap masa depan dengan penuh kepercayaan karena keyakinan akan Tuhan yang menyelamatkan. Pertolongan yang pernah diberikan kepada Daud akan diberikan kepada setiap kita yang membutuhkannya! Bukankah Dia adalah Allah yang tidak berubah, yang sama dulu, sekarang, dan selamanya? Mari kita menaruh harap dan berdoa akan pertolongan- Nya yang begitu ajaib. Belajar untuk tidak mengeluh, tetapi percaya dengan iman pada waktu-Nya, Tuhan akan menolong dan memberikan kelegaan bagi umat-Nya yang percaya dan berdoa serta percaya pada pertolongan Tuhan yang ajaib itu.

STUDI PRIBADI: Dari Mazmur 138, bagaimana Daud yakin akan pertolongan Tuhan ketika belum dibebaskan dari pergumulan? Apa yang membuatnya mampu bernyanyi & berdoa?

Pokok Doa: Berdoalah agar dalam pergumulan hidupnya, anak-anak Tuhan tidak mudah mengeluh tetapi mau datang dan berharap akan pertolongan Tuhan yang ajaib.