Rancangan-Ku

Bacaan hari ini: Yesaya 55 | Bacaan setahun: 1 Raja-Raja 3-4, Roma 13

“Rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.” (Yesaya 55:8)

 

Tuhan Allah mempunyai rancangan bagi setiap orang percaya, bukan rancangan kecelakaan melainkan rancangan kebaikan, rancangan damai sejahtera pada saat umat-Nya kembali mencari-Nya. Bangsa Israel tidak akan dibuang untuk selama-lamanya oleh Allah, sebab Tuhan Allah itu setia kepada janji-Nya… tidak selama-lamanya umat- Ku ada dalam pembuangan, AKU akan mengembalikan mereka pada kedudukannya sebagai umat pilihan, sebagai saksi-KU di tengah-tengah bangsa yang tidak mengenal Tuhan Allah Israel. Janji inilah yang menjadi tanda BERKAT.

Marilah, dengarkanlah firman-Nya dengan penuh perhatian, dengan sungguh-sungguh agar jiwamu hidup, agar hatimu beroleh hidup dengan berkelimpahan. “Inilah kasih setia-KU.” Janganlah engkau kembali meninggalkan ketetapan-ketetapan Firman-Nya, tetapi datanglah kepada- Nya selama Tuhan Allah masih bersedia ditemui. Janganlah engkau menundanya, janganlah engkau mengira kesempatan pengampunan itu senantiasa ada. Sebab rancangan Tuhan, siapa dapat mengetahuinya, tetapi satu hal yang kita tahu bahwa rancangan-Nya sangat baik selama kita mencari-Nya sehingga kita akan melihat kemuliaan TUHAN yang dapat dilihat sebagai Penebus dan Penyelamat umat manusia.

Dalam kehidupan orang percaya, sesuai waktu dan kehendak-Nya, Tuhan Allah akan melimpahkan berkat-Nya kepada yang mencari-Nya dengan sungguh-sungguh dan mereka menemukan-NYA dan hidupnya akan berlimpah dengan damai dan sukacita, sebab kasih-Nya dicurahkan kepadanya dengan tidak menunda-nunda.

Ya Tuhan, berilah kepada hamba telinga untuk mendengar kebenaran Firman-Mu, serta senantiasa hidup mencari perkenanan Tuhan, sehingga hamba tidak tersesat melainkan hamba makin percaya bahwa rancangan- Mu adalah rancangan kebaikkan bagiku, bukan rancangan kecelakaan. Sebab ENGKAU adalah Allah yang setia.

STUDI PRIBADI : Apa yang dapat kita pelajari dari bagian ini terkait penggilan bagi Israel dan rencana Tuhan atas hidup mereka?

Pokok Doa : Berdoalah bagi setiap umat Tuhan agar mereka bertekad untuk menjadi murid Tuhan sejati dalam kehidupannya. Roh Kudus Tuhan lah yang akan memampukan dan memberikan kekuatan, Amin.