Buah Di Balik Penderitaan

Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 16:13-40 | Bacaan setahun: Nehemia 3-4, 2 Tesalonika 2


“’Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.’ Lalu mereka memberitakan firman Tuhan kepadanya dan kepada semua orang yang ada di rumahnya.” (Kisah Para Rasul 16:31-32)

 

Pelayanan bagi Tuhan tidak selalu berjalan mulus dan mudah, bahkan seringkali harus berjumpa dengan kesulitan hingga penderitaan. Lukas mencatat: situasi itulah yang dihadapi oleh Paulus dan Silas saat mereka tiba di kota Filipi, di wilayah Eropa. Pada awalnya, pelayanan Paulus tampak berjalan dengan baik. Ia mengunjungi sebuah rumah ibadat Yahudi di kota Filipi. Oleh karena pelayanan Paulus, seorang wanita terpandang bernama Lidia penjual kain ungu, bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus. Bukan hanya Lidia seorang, tapi seisi rumahnya pun percaya kepada Kristus. Sebuah langkah awal yang menjanjikan.

Paulus juga kemudian mengusir setan yang menguasai seorang hamba perempuan di kota Filipi. Selama hidupnya, ia dikuasai oleh roh tenung. Rupanya ada beberapa orang yang kemudian memanfaatkannya untuk mendapatkan uang dari tenungnya itu. Ketika ia disembuhkan dan roh jahat itu diusir, tentu saja membuat mereka yang selama ini mengambil manfaat dari anak gadis itu menjadi marah. Dengan sebuah tipu muslihat, mereka menangkap Paulus dan Silas, lalu dibawa ke pembesar-pembesar kota untuk diadili. Hukumanpun dijatuhkan: Paulus dan Silas harus didera tubuhnya, lalu dijebloskan ke dalam penjara. Mereka dimasukkan ke dalam penjara dengan pengamanan paling maksimum.

Di dalam penjara, Paulus dan Silas memuji Tuhan. Mukjizatpun terjadi. Gempa besar terjadi, pintu penjara terbuka, rantai pengikat terlepas. Tetapi mukjizat yang lebih besar terjadi, kepala penjara Filipi bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus. Ia beserta seisi rumah mereka, malam itu percaya dan mereka diselamatkan. Itulah buah penderitaan pelayanan Paulus di kota Filipi.

Kisah hari ini meneguhkan supaya kita terus bersyukur kepada Allah dan memohon agar kesempatan untuk menjangkau mereka yang belum percaya dibuka oleh Allah, melalui semua kesulitan yang dialami bangsa kita ini. Ingatlah bahwa ada buah yang manis di balik penderitaan karena Tuhan Yesus turut bekerja bersama kita!

STUDI PRIBADI :
(1) Apakah yang Allah lakukan terhadap Paulus dan Silas ketika mereka terpenjara di Filipi?
(2) Apakah mukjizat yang paling besar terjadi di dalam kisah ini?

Pokok Doa : Berdoalah untuk setiap panggilan orang Kristen agar dapat terus hidup memberitakan Injil kepada mereka yang belum percaya di tengah penderitaan dan kesulitan yang terjadi hari ini.  

Sharing Is Caring :