Empat Sangkakala

“Celaka, celaka, celakalah mereka yang diam di atas bumi oleh karena bunyi sangkakala ketiga malaikat lain, yang masih akan meniup sangkakalanya.” (Wahyu 8:13b)



Bacaan hari ini: Wahyu 8:6-13 | Bacaan setahun: Wahyu 8

Dalam beberapa kisah Alkitab, sangkakala memainkan berbagai peranan penting. Akan tetapi, tujuh sangkakala dalam kitab Wahyu ini mengingatkan kita pada tujuh sangkakala yang ditiup bangsa Israel pada saat mengelilingi tembok Yerikho. Bunyi itu menandakan penghakiman Tuhan atas Yerikho dan tembok yang besar itu pun runtuh. Seperti saat itu, sangkakala dalam kitab Wahyu ini menunjukkan tanda yang serupa, bahwa penghakiman Tuhan atas bumi sudah tiba, dan setiap tiupan sangkakala itu mendahului petaka yang ditimpakan ke atas bumi.

Empat sangkakala pertama ini menunjukkan penghakiman atas alam, kehancuran atas tumbuhan, mata air dan benda-benda langit. Sangkakala pertama mengakibatkan hujan es dan api yang menghancurkan sepertiga tumbuhan di bumi (Why. 8:7). Sangkakala kedua mengakibatkan bola api sebesar gunung jatuh ke dalam laut dan mengakibatkan musnahnya banyak makhluk hidup laut (Why. 8:8-9). Sangkakala ketiga menurunkan bintang dengan api seperti obor yang membuat danau-danau serta sungai-sungai terasa pahit sehingga banyak orang mati ketika meminumnya (Why. 8:10-11). Sangkakala keempat mengakibatkan matahari dan bulan menjadi gelap.

Meski empat sangkakala pertama ini nampak tidak berkaitan dengan manusia, kehancurannya tetap berdampak besar pada manusia. Ini adalah peringatan agar orang bertobat. Harapannya, kehancuran yang akan datang, ketika tiga sangkakala berikutnya dibunyikan, tidak menimpa mereka.

Ketujuh sangkakala ini menunjukkan penghakiman Tuhan yang begitu nyata dan pasti. Penghakiman Allah mengingatkan kita bahwa Dia adalah Allah yang adil, yang akan menghukum tiap dosa kesalahan. Penghakiman-Nya juga mendorong setiap kita untuk segera bertobat dari segala dosa, sebab orang yang tidak bertobat tidak akan luput dari penghakiman Tuhan. Sangkakala penghakiman ini juga mengajak kita mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan Kristus kedua kali. Mari kita setiap orang di zaman akhir ini segera bertobat dari segala dosa dan kembali kepada Tuhan, serta mempersiapkan diri kita menyambut kedatangan Kristus yang akan datang sebagai hakim atas dunia.

STUDI PRIBADI: Jika Kristus datang kedua kali hari ini, siapkah kita menyambutnya? Dosa dan tugas apa yang perlu kita bereskan sebelum Kristus datang menghakimi dosa dunia?

Pokok Doa: Berdoalah supaya setiap kita dimampukan oleh Tuhan untuk mempersiapkan diri menyambut kedatangan Kristus dengan bertobat dari segala dosa dan mengerjakan tugas keselamatan kita.

×

Wahyu 8 : 7

7 Lalu malaikat yang pertama meniup sangkakalanya dan terjadilah hujan es, dan api, bercampur darah; dan semuanya itu dilemparkan ke bumi; maka terbakarlah sepertiga dari bumi dan sepertiga dari pohon-pohon dan hanguslah seluruh rumput-rumputan hijau.

×

Wahyu 8 : 8-9

8 Lalu malaikat yang kedua meniup sangkakalanya dan ada sesuatu seperti gunung besar, yang menyala-nyala oleh api, dilemparkan ke dalam laut. Dan sepertiga dari laut itu menjadi darah,

9 dan matilah sepertiga dari segala makhluk yang bernyawa di dalam laut dan binasalah sepertiga dari semua kapal.

×

Wahyu 8 : 10-11

10 Lalu malaikat yang ketiga meniup sangkakalanya dan jatuhlah dari langit sebuah bintang besar, menyala-nyala seperti obor, dan ia menimpa sepertiga dari sungai-sungai dan mata-mata air.

11 Nama bintang itu ialah Apsintus. Dan sepertiga dari semua air menjadi apsintus, dan banyak orang mati karena air itu, sebab sudah menjadi pahit.

×

Wahyu 7 : 16

16 Mereka tidak akan menderita lapar dan dahaga lagi, dan matahari atau panas terik tidak akan menimpa mereka lagi.

×

Wahyu 7 : 17

17 Sebab Anak Domba yang di tengah-tengah takhta itu, akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka ke mata air kehidupan. Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka."

×

1 Yohanes 4 : 10

10 Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.

×

1 Yohanes 4 : 11

11 Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi.

×

1 Yohanes 4 : 12-17

12 Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita.

13 Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya.

14 Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia.

15 Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah.

16 Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

17 Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita, yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman, karena sama seperti Dia, kita juga ada di dalam dunia ini.

×

1 Yohanes 4 : 18

18 Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.

×

1 Yohanes 4 : 20a

20a Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta,

×

1 Yohanes 4 : 20b

20b karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.

Sharing Is Caring :