Penyataan Kasih Allah

“Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.” (Roma 5:8)



Pembahasan: Roma 5:8 | Ayat Bacaan: Roma 8:28-39

Jika ditanya tentang “bagaimana Allah mengasihi Anda,” apa jawaban Anda? Mungkin sebagian orang Kristen akan menghubungkan kasih Allah dengan perlindungan-Nya, tatkala ia merasakan dirinya terlepas dari kecelakaan maut yang hampir merenggut nyawanya. Sebagian orang lagi menghubungkan kasih Allah dengan berkat jasmani yang diterimanya, tatkala ia terlepas dari krisis ekonomi yang menjeratnya. Sebagian orang lagi menghubungkan kasih Allah itu dengan hal yang sederhana, yaitu tiap pagi dapat bangun dalam keadaan yang sehat.

Pengakuan tentang kasih Allah tersebut tidaklah salah. Semua itu memang menyatakan kasih Allah kepada kita. Namun ingat bahwa semua penyataan kasih Allah yang telah disebutkan tersebut tidak hanya dialami oleh umat-Nya, melainkan juga oleh mereka yang tidak mengenal-Nya dalam Kristus Yesus Tuhan kita. Perlindungan, berkat jasmani, atau dapat bangun pagi dalam keadaan sehat, semua hal itu diberikan Tuhan bagi ciptaan-Nya. Itu adalah kasih Allah secara umum, atau lebih dikenal dengan pemeliharaan umum Allah atas ciptaan-Nya, seperti yang tertulis dalam Matius 5:45, yaitu Allah menerbitkan matahari dan memberi hujan kepada semua orang, termasuk mereka yang berbuat jahat.

Melampaui semua itu, penyataan kasih Allah terbesar, yang khusus, yang tidak ternilai dan diberikan kepada mereka yang dikasihi-Nya, dipilih-Nya, bahkan dipilih sebelum dunia dijadikan, kepada kita umat-Nya, yang dipanggil di dalam Yesus Kristus, telah dinyatakan-Nya melalui salib Kristus. Perhatikan perkataan Paulus dalam Roma 5:8, “Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.” Inilah penyataan kasih Allah terbesar dan khusus. Kita dicintai-Nya pada waktu masih berdosa dengan cara Kristus mati untuk kita. Ini melampaui semua penyataan kasih Allah secara umum. Itulah sebabnya jika kita telah menerima penyataan kasih Allah ini, jangan lagi ragu akan kasih-Nya. Yang terbaik telah diberikan-Nya kepada kita.

STUDI PRIBADI: Bagaimana wujud kasih Allah kepada semua ciptaan-Nya? Bagaimana pula wujud kasih Allah terbesar bagi kita? Patutkah kita ragu terhadap kasih-Nya?

Pokok Doa: Doakanlah agar jemaat semakin bertumbuh dalam pengenalan tentang kasih Allah dan hidup dalam kasih-Nya. Doakan pula agar mereka tetap kuat di masa yang sukar.

×

Matius 5 : 45

45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.

×

Roma 5 : 8

8 Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.

×

Ibrani 11 : 1

1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

×

Markus 14 : 5

5 Sebab minyak ini dapat dijual tiga ratus dinar lebih dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin." Lalu mereka memarahi perempuan itu.

×

Markus 14 : 6

6 Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah dia. Mengapa kamu menyusahkan dia? Ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku.

Sharing Is Caring :