Jemaat Yang Saling Menopang

“Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorangpun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama.” (KPR 4:32)



Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 4:34 | Ayat Bacaan: Kisah Para Rasul 4:32-35

Pepatah Indonesia mengatakan bahwa: Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Pepatah ini menunjukkan kepada kita bahwa hidup dalam persatuan dan kesatuan itu sangatlah bermanfaat dan pasti akan memberi dampak yang baik bagi sekitar kita. Sebaliknya, apabila kita tidak bersatu maka kehancuran yang akan kita dapatkan.

Kehidupan gereja mula-mula sangatlah mencerminkan hidup kesatuan dan kebersamaan yang sangat kuat melandasi pertumbuhan iman dan kehidupan bergereja pada waktu itu. Para murid yang percaya itu tidak hanya berdoa dalam ayat sebelumnya, tetapi mereka juga memecah roti, mereka hidup saling menopang satu sama lainnya di dalam tubuh Kristus yang telah mempersatukan mereka dalam satu hati dan satu jiwa. Kesatuan persaudaran dalam Kristus telah menyadarkan mereka bahwa hidup mereka adalah kasih karunia TUHAN sehingga terhadap sesama saudara seiman tidak memandang rendah atau meremehkan. Sehingga: “Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorang pun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama.” Kesatuan persaudaraan dalam Kristus telah membuang jauh-jauh yang menganggap diri sendiri lebih layak dari saudara seiman lainnya sebab iri hati itu membenci kebaikan Allah dalam hidup saudara seiman lainnya dan mengabaikan kebaikan Allah dalam diri sendiri (Craig Groeschel). Sebaliknya di dalam persaudaraan dalam Kristus kita harus bersyukur sebab semua saudara seiman sama-sama telah menerima kasih karunia Allah,

Di tengah hidup manusia yang sangat mementingkan diri sendiri, kita diingatkan sebagai anak Tuhan, seharusnya senantiasa mengembangkan kehidupan yang saling menopang dan menjaga kebersamaan di dalam perbedaan yang ada. Marilah kita memohon kepada Allah Roh Kudus untuk memimpin umat-NYA agar hidup dalam kasih persaudaraan dalam Kristus dan sebagai satu tubuh Kristus, mereka saling menopang, bertumbuh dan semakin kuat demi mengembangkan Kerajaan Allah.

STUDI PRIBADI: Sebutkan beberapa hal yang dapat menghalangi kesatuan dan persatuan dalam kehidupan sebagai gereja Tuhan? Apakah yang perlu diupayakan sehingga tercipta persaudaraan di dalam Kristus?

Pokok Doa: Berdoa agar gereja Tuhan makin memberi contoh kebersamaan yang baik sehingga Kristus semakin ditinggikan. Berdoa bagi kesatuan dan persatuan di negara Indonesia agar tetap terpelihara dengan baik.

×

Kisah Para Rasul 4 : 31

31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.

×

1 Korintus 15 : 4

4 bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;

×

Kisah Para Rasul 2 : 34

34 Sebab bukan Daud yang naik ke sorga, malahan Daud sendiri berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku:

×

Kisah Para Rasul 2 : 34a

34a Sebab bukan Daud yang naik ke sorga,

×

Kisah Para Rasul 2 : 34b

34b malahan Daud sendiri berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku:

×

Kisah Para Rasul 2 : 36

36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Sharing Is Caring :