Doa Jemaat

“dan ketika mereka berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.” (KPR 4:31)



Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 4:30 | Ayat Bacaan: Kisah Para Rasul 4:23-31

Pada umumnya ketika kita sedang tinggal di hotel atau tempat umum yang baik, salah satu barang yang akan kita jumpai adalah adanya alat pemadam kebakaran. Sehingga apabila terjadi sesuatu dalam gedung tersebut, alat itu dapat digunakan sebagaimana mestinya. Alat itu sangat penting, meskipun kadang tidak pernah kita perhatikan dengan serius.

Perjalanan hidup umat Tuhan pada awalnya sangat dipenuhi berbagai kejadian yang luar biasa. Dan salah satu yang mereka hadapi adalah ketika Petrus dan Yohanes ditangkap dan disidang di Yerusalem karena telah menyembuhkan seorang lumpuh dan berkhotbah tentang Yesus di Bait Allah, di hadapan Mahkamah Agama Yahudi yang juga pernah menahan Yesus. Di tengah kondisi yang sedemikian genting inilah para jemaat Tuhan bersatu hati berdoa bagi mereka. Dan bagian ini menjelaskan Tuhan telah menjawab doa mereka dan melepaskan Petrus dan Yohanes dari dakwaan Mahkamah Agama tersebut. Doa para jemaat bukan sekadar berdoa bersama-sama dengan kumpulan orang banyak melainkan sebuah kesatuan hati yang sungguh-sungguh di hadapan Allah untuk memohon pertolongan-Nya. Kata “berseru bersama”, untuk menunjukkan kesehatian orang percaya dalam menghadapi pergumulannya serta keseriusan mereka mendukung pelayanan para rasul pada waktu itu. Sebab dengan berdoa bersama, para murid Kristus menunjukkan kebergantungannya kepada Kristus dan mereka menyadari bahwa kehidupan yang mereka jalani adalah sebuah peperangan rohani bagi Kerajaan Allah. Dengan demikian Alkitab mencatat bahwa, “dan ketika mereka berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani” (KPR 4:31).

Di tengah dunia yang penuh dengan kemudahan, apakah kita sebagai anak-anak Tuhan masih menjadikan doa sebagai sarana yang sangat penting dalam memajukan pelayanan dan pengembangan Kerajaan Allah di dunia ini. Mari kita terus mengembangkan kehidupan berdoa bersama dengan para murid-Nya dalam setiap pergumulan yang kita alami.

STUDI PRIBADI: Mengapa ada banyak pergumulan dan penderitaan dalam hidup jemaat mula-mula? Apa yang bisa kita pelajari dari cara mereka menghadapi pergumulan?

Pokok Doa: Berdoa bagi komunitas doa gereja agar bisa menjalankan fungsi dan peran pentingnya demi pemberitaan Firman Tuhan. Berdoalah bagi pertumbuhan rohani setiap umat Allah agar selalu bergantung kepada Allah.

×

Kisah Para Rasul 4 : 31

31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.

×

1 Korintus 15 : 4

4 bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;

×

Kisah Para Rasul 2 : 34

34 Sebab bukan Daud yang naik ke sorga, malahan Daud sendiri berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku:

×

Kisah Para Rasul 2 : 34a

34a Sebab bukan Daud yang naik ke sorga,

×

Kisah Para Rasul 2 : 34b

34b malahan Daud sendiri berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku:

×

Kisah Para Rasul 2 : 36

36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Sharing Is Caring :