Dia Harus Makin Bertambah

“Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.” (Yohanes 3:30)



Bacaan hari ini: Yohanes 3:22-36 | Bacaan setahun: Yohanes 2-3

YMCA adalah organisasi yang didirikan di Inggris tahun 1835 dengan tujuan menolong dan menopang pertumbuhan iman anak muda yang merantau di London. Organisasi ini memberikan ruang untuk berkumpul dan berolahraga, sambil menyediakan kelompok belajar Alkitab, agar kaum muda bertumbuh dalam iman di tengah kerasnya tantangan hidup. Ada banyak tokoh Kristen tumbuh di dalam lingkungan ini, seperti D.L. Moody dan Billy Sunday. Tetapi sayang, karena berbagai kepentingan bisnis dan sekularisasi Amerika, organisasi ini mulai meninggalkan identitas kristianinya. Tiga belas tahun lalu, mereka meninggalkan akronim Young Men Christian Association (YMCA) dan mengubahnya menjadi Y. Walau di dalam penjelasan organisasi, mereka menyatakan tetap berpegang pada prinsip kristiani, tetapi nyatanya dunia mengenal organisasi ini sebagai tempat gimnasium untuk berolahraga dan penginapan ekonomis.

Di dalam bacaan hari ini, kita melihat kerendahan hati dan kesadaran diri Yohanes Pembaptis. Dia sebenarnya sudah lebih dahulu ’terkenal’ sebagai pengajar agama, tetapi ketika Yesus Kristus, Sang Mesias yang diberitakannya sudah muncul, dengan penuh kesadaran Yohanes Pembaptis mengarahkan fokus murid-muridnya kepada Yesus Kristus. Yohanes Pembaptis menyadari siapa diri dan misinya, sehingga kebesaran ’pelayanan’-nya tidak membuatnya lupa akan tujuan pelayanannya. Dengan fasih Yohanes Pembaptis memberitakan tentang siapa Yesus Kristus Sang Mesias, tanpa ragu, ia mengarahkan murid-muridnya kepada Sang Mesias, Juruselamat yang selama ini diberitakan dan dinantinya.

Di dalam hidup kita sesehari, sering kita dihadapkan pada kenyataan yang paralel dengan situasi ini. Kesuksesan pekerjaan, atau bahkan pelayanan gerejawi, justru membuat kita tidak semakin dekat dengan Tuhan. Kita semakin sibuk, tanpa sadar, membuat diri kita semakin besar dan ternama, tetapi gagal mengarahkan pandangan orang di sekitar kita kepada-Nya! Yesus Kristus, Sang Mesias, Juruselamat dunia, inilah berita besar yang seharusnya dilihat oleh mereka melalui hidup kita (ay. 30).

STUDI PRIBADI: Adakah lembaga Kristen di sekitar Anda? Maukah Anda berbagian mendukung mereka agar mereka tetap berpegang pada dasar iman dan visi Kristianinya?

Pokok Doa: Berdoalah Roh Kudus menuntun dan menguatkan iman kita, agar kita tidak kehilangan fokus pada Yesus Kristus dan Injil keselamatan yang menjadi fokus dari hidup kita.

×

Yohanes 1 : 1

1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

×

Yohanes 1 : 5

5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

×

Yohanes 1 : 9

9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.

×

Yohanes 1 : 14

14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

×

Yohanes 1 : 16

16 Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia;

Sharing Is Caring :