Anak-anak Skewa

“Tetapi roh jahat itu menjawab: ‘Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapakah kamu?’” (KPR 19:15)



Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 19:13-20 | Bacaan setahun: Kisah Para Rasul 19

Lukas mencatat tentang tujuh anak-anak dari imam Yahudi, yakni anak-anak imam Skewa yang berprofesi sebagai tukang jampi yang berjalan berkeliling. Profesi ini bisa diartikan juga sebagai pengusir setan keliling. Rupanya mereka melihat Paulus mengadakan mukjizat dan mengusir setan dengan nama Yesus. Oleh sebab itu mereka juga meniru apa yang diperbuat oleh rasul Paulus. Mereka mengusir setan dengan memakai nama Yesus. Namun kenyataannya berbeda sekali. Setan itu mengenal Yesus dan Paulus tapi tidak mengenal mereka. Akibatnya orang yang dirasuk roh jahat itu menerpa mereka dan menggagahi mereka semua dan mengalahkannya, sehingga mereka lari dengan telanjang dan luka-luka (ay. 16).

Kita melihat banyak orang mendengar tentang Tuhan, mengetahui dari pengalaman orang lain tentang Tuhan, membaca buku-buku tentang Tuhan bahkan mendengarkan khotbah tentang Tuhan, lalu merasa sudah mengenal Tuhan dan berbuat seolah-olah mereka memiliki kuasa dari Tuhan. Tidak heran mereka akan seperti anak-anak Skewa pada akhirnya. Nama Tuhan hanya dipakai sebagai alat untuk mendapatkan keuntungan pribadi saja. Hal lain yang juga menjadi kunci adalah pengenalan kita akan Tuhan didasarkan pada hubungan pribadi dan mengalami Tuhan dalam hidup kita. Bagaimana mungkin kita bisa membagikan kasih dan kebaikan Tuhan, jika kita sendiri belum di dalam Tuhan dan tidak pernah merasakan kasih dan kebaikan Tuhan dan jika kita belum pernah merasakan kemenangan bersama Tuhan?

Marilah menguji hidup kita, apakah kita memiliki relasi dengan Tuhan dan hidup di dalam Dia? Sudahkah kita mengenal Yesus dengan benar ataukah pengenalan kita hanya berdasar pengalaman dan pengetahuan orang lain? Kiranya kisah ini menjadi peringatan kita semua, jangan sampai kita mengalami pengalaman seperti anak-anak Skewa. Kita menyebut nama Tuhan dan memakai kuasa di dalam nama Tuhan, tetapi kita sendiri belum hidup mengenal Tuhan dan berada di dalam Tuhan.

STUDI PRIBADI: Sudahkah kita mengenal Tuhan? Benarkah kita mengalami kemenangan bersama Tuhan? Relasi& pengalamandengan Tuhan adalah kekuatan & kemenangan kita.

Pokok Doa: Berdoalah agar jemaat dapat lebih sungguh-sungguh mengenal Tuhan Yesus dan mengalami pengalaman bersama Tuhan yang menguatkan hidup mereka dan menjadi berkat bagi orang lain.

×

Kisah Para Rasul 19 : 16

16 Dan orang yang dirasuk roh jahat itu menerpa mereka dan menggagahi mereka semua dan mengalahkannya, sehingga mereka lari dari rumah orang itu dengan telanjang dan luka-luka.

Sharing Is Caring :